Diduga Pailit, Keluarga Pendiri Ubisoft Berusaha Keras Tetap Mengendalikan Aturan

Keluarga Guillemot disebut-sebut sedang berusaha ingin mempertahankan kendali atas Ubisoft, perusahaan video game. Bermitra dengan perusahaan ekuitas swasta menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan suntikan dana.

Diduga Pailit, Keluarga Pendiri Ubisoft Berusaha Keras Tetap Mengendalikan Aturan

Keluarga Pendiri Ubisoft Berusaha Keras Tetap Mengendalikan Aturan

Wowsiap.com - Perusahaan game video terkenal Ubisoft disebut-sebut sedang dalam kesulitan keuangan dan berencana menjual beberapa sahamnya.

Dilansir dari TheGamer, beberapa pembeli seperti Blackstone dan Kohlberg Kravis Roberts, perusahaan ekuitas swasta yang tidak memiliki pengetahuan khusus tentang video game tertarik untuk memiliki perusahaan yang didirikan oleh keluarga Guillemot.

Saat ini beberapa saham Ubisoft juga sedang dalam persiapan dan bekerja sama dengan konsultan untuk melakukan penjualan beberapa saham yang ada di perusahaan itu. Berdasarkan laporan dari Seeking Alpha, proses penjualan saham Ubisoft ini mendapatkan perlawanan dari keluarga pendirinya yakni Guillemot. 

Menurut Seeking Alpha. saat ini keluarga Guillemot memiliki 15,9% saham perusahaan tetapi 22,3% dari saham voting bersih. Masih menurut Seeking Alpha, keluarga pendiri dari Ubisoft saat ini berusaha bermitra dengan perusahaan ekuitas swasta lainnya untuk mendapatkan bantuan keuangan. Tujuannya agar kendali dari perusahaan yang mereka dirikan itu masih di bawah kendali keluarga Guillemot.

Guillemots secara historis menunjukkan permusuhan terhadap upaya apa pun untuk merebut kendali Ubisoft. Pada tahun 2016, perusahaan media Prancis Vivendi mencoba pengambilalihan yang tidak bersahabat dengan perlahan-lahan membeli hingga 30% dari total saham Ubisoft - jumlah ambang batas yang diperlukan untuk pengambilalihan berdasarkan hukum Prancis. Untuk mencegah hal ini terjadi, Ubisoft, di bawah kendali Guillemots, bermitra dengan ekuitas swasta untuk membeli kembali empat juta saham dan mencegah Vivendi mencapai ambang 30%.

Ubisoft didirikan pada tahun 1986 oleh Christian, Claude, Gerard, Michel, dan CEO saat ini, Yves Guillemot. Perusahaan beroperasi secara pribadi untuk sementara waktu sebelum go public pada tahun 1996, tetapi Guillemots selalu mempertahankan kendali perusahaan dengan Yves sebagai CEO dan kepemilikan saham.


 

Keluarga Guillemot   Keluarga Pendiri   Ubisoft   Perusahaan game video   Diduga Paili   Mengendalikan Aturan