Bedah Perbedaan antara Single, EP dan Album. 3 Istilah Musik yang Wajib Kamu Ketahui!

Perbedaan antara Single, EP dan Album Perbedaan antara Single, EP dan Album

Di era serba digital seperti saat ini, keberadaan kaset atau CD musik secara fisik semakin jarang ditemukan. Para musisi lokal maupun dunia lebih senang mengunggah kumpulan lagu-lagu mereka lewat platform digital seperti Spotify, Joox, iTunes dan masih banyak lagi yang dapat diakses dengan mudah, hanya dalam satu ketukan saja.

Kumpulan lagu dari karya para musisi di dunia biasanya dikategorikan berdasarkan jumlah lagu dan lamanya durasi lagu tersebut dimainkan. Terdapat tiga istilah dasar dari pengelompokan tersebut, yakni Single, EP, dan Album. Pada artikel kali ini, kita akan membedah perbedaan dari tiga istilah musik tersebut secara terperinci. Ingin tahu seperti apa perbedaannya? Langsung saja, yuk simak penjelasan di bawah ini:

  1. Single

    Single merupakan bentuk rekaman yang biasanya digunakan dalam hal promosi materi. Dalam sebuah Single, hanya ada satu hingga tiga judul lagu yang masing-masing durasinya tidak sampai 10 menit.

    Umumnya, Single merupakan lagu yang dirilis secara terpisah dari sebuah Album. Misalnya, lagu tersebut sudah ada di dalam album yang dirilis, tetapi seorang musisi memiliki hak untuk merilisnya kembali dalam format Single maupun sebaliknya (merilis Single terlebih dahulu, kemudian memasukkannya ke dalam album yang akan dirilis). Dalam beberapa kasus, ada juga musisi yang tidak memasukkan Single-nya ke dalam album mereka.

  2. Extended Play (EP) / Mini Album

    Extended Play atau EP merupakan istilah lain dari Mini Album. Dalam sebuah EP, terdapat 1 sampai 6 judul lagu dengan durasi keseluruhan lagu maksimal 30 menit.

    EP atau Mini Album biasanya digunakan oleh para musisi sebagai portofolio mereka saat hendak masuk ke dalam sebuah label musik. Jenis album ini juga dinilai hemat biaya produksi karena dengan jumlah lagu yang sedikit, biaya produksi yang dikeluarkan lebih murah daripada meluncurkan sebuah album. Untuk sebagian musisi,Extended Play (EP) atau Mini Album dibuat karena lagu-lagu di dalamnya merupakan Top Hits atau Karya Terbaik yang khusus dipersembahkan untuk para penggemar setia musik mereka.

  3. Album

    Kamu pasti sudah sering mendengar istilah Album atau Long Play (LP) kan? Pengertian lebih lengkap dari sebuah Album yakni, suatu kumpulan rekaman musik/audio yang memiliki daftar lagu yang konsisten dimulai dari 9 hingga 10 lagu atau lebih. Seorang musisi juga sering menambahkan bonus track atau hidden track dalam albumnya. Sementara, untuk durasi dari keseluruhan lagu dapat berdurasi selama lebih dari 30 menit bahkan, ada sebuah Album yang memiliki durasi hingga 90 menit.

    Album lebih sering diproduksi oleh seorang musisi atau band yang telah terikat kerja sama dengan sebuah label rekaman yang menaunginya. Memproduksi sebuah Album membutuhkan biaya yang cukup besar dan menjadi salah satu kegiatan promosi terlama bagi para musisi di industri musik. Bahkan, bisa lebih dari satu tahun jika karya dari Album tersebut berhasil awet menempati tangga lagu di acara maupun platform musik.

Nah, itulah tadi uraian penjelasan tentang perbedaan antara Single, EP, dan Album yang dapat menambah pengetahuan kamu mengenai istilah-istilah dalam industri musik. Semoga informasi dari kita bermanfaat ya!