Penjelasan Tentang Musik Barat dan Jenis-Jenisnya yang Harus Kamu Ketahui

Musik Barat dan Jenis-Jenisnya Musik Barat dan Jenis-Jenisnya

Musik barat atau western music adalah musik yang berasal dari musisi negara Eropa dan Amerika, musik dari negara barat tersebut kemudian berkembang ke negara Timur, termasuk Indonesia.

Manfaat dari musik barat sangat beragam, tak hanya sebagai hiburan, musik yang populer hingga ke seluruh dunia ini juga berguna untuk kebutuhan pendidikan, kesehatan, keagamaan, bahkan ranah politik.

Musik barat juga memiliki berbagai macam jenis yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, apa sajakah jenis-jenis musik barat tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

  1. Pop
  2. Jenis musik pop memang sudah sangat familiar di lingkungan sekitar kita. Istilah dari musik pop sendiri, awalnya digunakan untuk menyebut satu jenis musik yang dipercaya mempunyai dara tarik populer dari musik yang sudah ada sebelumnya. Musik pop menjadi jenis musik yang sangat digemari oleh semua kalangan, lantaran memiliki komposisi yang sederhana, menarik, dan mudah diingat.

    Musisi barat yang membawa jenis musik pop menjadi terkenal di seluruh penjuru negara hingga saat ini yaitu, The Beatles, Michael Jackson, Elvis Presley, dan Madonna.

  3. Country
  4. Musik country merupakan musik campuran dari unsur musik Amerika yang bersumber dari Selatan Amerika Serikat dan Pegunungan Applachia. Jenis musik ini berasal dari lagu rakyat Amerika Utara yakni, musik kelt dan musik gospel yang berkembang sejak tahun 1920-an.

    Ciri khas dari musik country adalah menggunakan teknik alternasi bas atau bass yang berganti di sela-sela strumming. Tidak hanya itu, alat musik yang dimainkan pada musik country juga memiliki marking tersendiri, biasanya selalu memakai alat musik gitar, biola, dobro, mandolin, banjo, dan steel guitar.

    Nama-nama seperti Keith Urban, Blake Shelton, Toby Keith, Jason Aldean, dan Tim Mcgraw merupakan musisi barat ternama yang menyanyikan lagu berjenis country ini. Di Indonesia sendiri, ada Tantowi Yahya, Ebiet G.Ade, dan Charles Hutagalung adalah penyanyi country terbaik dalam negeri.

  5. Blues
  6. Jenis musik blues adalah musik vokal serta instrumental yang lahir di Amerika Serikat. Awalnya, musik blues ini bersumber dari musik spiritual berupa pujian dari komunitas mantan budak Afrika yang ada di Amerika Serikat.

    Ciri dari musik blues yakni, memiliki tempo yang pelan pada lagu, namun lebih menonjol pada permainan gitar. Sementara instrumen musik lainnya terdengar sebagai pelengkap saja.

    B.B King, John Lee Hooker, Muddy Waters, dan Stevie Ray Vaughan merupakan penyanyi blues legendaris terbaik sepanjang masa yang amat berpengaruh terhadap perkembangan jenis musik blues ke seluruh negara di belahan dunia.

  7. Jazz
  8. Jenis musik satu ini juga tak kalah familiar ditelinga kita kan? Yup! Musik jazz adalah jenis musik yang berasal dari komunitas Afrika-Amerika di New Orleans, Amerika Serikat, pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 dengan blues dan ragtime sebagai asal muasalnya.

    Musik jazz merupakan hasil gabungan dari tradisi musik klasik khas barat dan tradisi musik Afrika-Amerika, karakteristik dari jenis musik ini adalah sinkopasi ketukan, nadablue note, complex harmony, dan improvisasi.

    Musisi jazz paling melegenda dan menginspirasi musisi jazz lainnya di dunia, yakni Duke Ellington, Louis Armstrong, Billie Holiday, Nat King Cole, dan Miles Davis. Dari dalam negeri, kita punya Tulus, Tompi, Andien, Indra Lesmana, dan Raisa yang tak kalah hebatnya dari musisi luar.

Nah, itu tadi uraian seputar musik barat lengkap dengan jenis-jenisnya, semoga pembahasan dari kita dapat menambah pengetahuan kamu tentang dunia musik ya.. Sampai bertemu di artikel-artikel kita lainnya!