4 Bisnis Paling Menguntungkan di Industri Musik Saat Ini

Bisnis Paling Menguntungkan di Industri Musik Bisnis Paling Menguntungkan di Industri Musik

Di era digital seperti sekarang ini, membangun bisnis dapat lebih mudah dan berpotensi meraup keuntungan maksimal. Hal apa saja dapat dijadikan objek bisnis, tak menutup kemungkinan juga dengan musik.

Iya, musik, kamu gak salah baca kok! Industri musik merupakan peluang bisnis yang juga bisa dimanfaatkan, bahkan mampu mencetak pundi-pundi uang yang besar. Selain menjadi seorang musisi atau penyanyi, ini dia 4 bisnis industri musik paling menguntungkan saat ini:

  1. Penulis Lirik Lagu

    Kamu gemar menulis? Jangan sia-siakan hobimu begitu saja! Mulailah mencoba bisnis menulis lirik lagu. Lirik lagu merupakan fondasi utama sebelum nada dan elemen musik lainnya dibangun.

    Semakin kreatif dan inovatif kamu dalam menulis lirik lagu, semakin besar juga pendapatan yang berasal dari royalti pemakaian hasil karyamu. Tak hanya itu, menjadi seorang penulis lirik lagu juga berpotensi tinggi dalam menjalin bekerja sama dengan musisi idola kamu.

  2. Menjual Beat Musik

    Beat atau irama adalah ketukan nada berulang-ulang yang jika digabungkan dapat menjadi sebuah musik, bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai bidang penciptaan musik.

    Kamu bisa melakukan teknik mixing dan mastering dalam menciptakan beat lagu yang anti mainstream, nantinya, beat yang sudah jadi tersebut dapat kamu jual kepada label musik atau musisi. Jika mereka tertarik, kamu akan dihubungi untuk transaksi bisnis.

    Saat transaksi selesai, karya beat musik kamu akan digunakan seutuhnya dalam musik mereka, pertanda lisensi telah berpindah kepemilikan dari pembeli ke penjual. Dari sinilah, kamu mendapatkan penghasilan yang jumlahnya bisa dibilang besar dan menjanjikan!

  3. Menjadi Promotor Konser

    Tugas utama seorang promotor konser adalah menyusun program acara konser secara menyeluruh termasuk menghubungi musisi yang nantinya akan menjadi bintang tamu di konser yang akan kamu adakan nantinya. Bisnis ini tak hanya menguntungkan, namun juga menyenangkan untuk dijalani, pas banget buat kamu yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan senang bekerja dalam tim.

  4. Menjual Album Musik Fisik

    Sekarang memang jamannya serba digital dan online di mana seorang musisi dan penyanyi lebih sering merilis album non fisik. Walau tak jarang juga, masih ada musisi yang merilis album secara fisik, namun sangatlah jarang. Situasi ini membuat keberadaan penjual album fisik seperti CD, kaset, dan piringan hitam menjadi langka, nah, hal inilah yang dapat kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis, yup! Berbisnis sebagai penjual album fisik!

    Kamu tak perlu khawatir atau memusingkan hal-hal seperti apa yang terjadi jika usaha kamu nantinya jalan ditempat apalagi gulung tikar. Sebab, di luar sana masih banyak pecinta musik yang hobi mengoleksi dan tekun berburu album rilisan fisik. Kamu dapat memasang harga tinggi dan membuat penawaran yang maksimal!

Begitulah tadi keempat bisnis di industri musik yang paling menguntungkan saat ini, melihat dari segi pemaparan bisnis dan bayaran yang didapat, apakah kamu sudah tertarik untuk mencobanya?