Peran Pentingnya Musik Dalam Sebuah Resepsi Pernikahan

Pentingnya Musik Dalam Sebuah Resepsi Pentingnya Musik Dalam Sebuah Resepsi

Menikah merupakan momen sakral yang sangat berharga dan ditunggu oleh setiap pasangan di dunia. Maka dari itu, tak sedikit pasangan yang menggelar resepsi pernikahan dengan pesta meriah dan unik, sehingga momen pernikahan mereka tidak akan pernah terlupakan seumur hidup. Guna mewujudkan resepsi pernikahan tersebut, terdapat berbagai elemen penunjang yang harus diperhatikan dan jangan sampai ada yang terlewat. Salah satu elemen penting dari sebuah resepsi pernikahan yaitu Musik!

Sejak pernikahan Putri Victoria dan Putra Mahkota Frederick dari Rusia pada tahun 1858 silam, musik di resepsi pernikahan atau sering disebut juga wedding song menjadi pengiring pesta pernikahan dan sukses membuat pernikahan tersebut menjadi lebih indah dan memorizing. Sampai saat ini, wedding song atau musik di resepsi pernikahan selalu digunakan dan terus berinovasi.

Sesuaikan Musik dengan Tema Pernikahan

Tema pernikahan di Indonesia biasanya terbagi menjadi dua, yakni tradisional dan internasional. Jika kamu telah menentukan pilihan acara resepsi pernikahan kamu memakai tema tradisional atau internasional, kamu haruslah menyesuaikan musik seperti apa yang akan dipakai untuk mengiringi pesta pernikahan kamu.

Jika tema tradisional, pilihlah musik dengan unsur-unsur lagu daerah, sementara, jika tema internasional atau modern kamu dapat membuat playlist musik dari lagu barat maupun lokal yang kontemporer romantis.

Perhatikan Lokasi Acara Resepsi Pernikahan

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika resepsi pernikahan terdapat dua venue yang bisa dipilih oleh pasangan pengantin yaitu indoor maupun outdoor.

Sangat disarankan jika lokasi pesta pernikahan di outdoor lebih baik menggunakan iringan band atau organ tunggal dengan musik yang ramai dan membulat. Sebab, melangsungkan acara resepsi di outdoor akan lebih banyak suara-suara yang masuk dari faktor eksternal, jadi tidaklah efektif hanya memutar musik lewat audio speaker saja. Beda halnya jika resepsi dilakukan dalam indoor, kamu bebas memilih apakah hanya menggunakan audio speaker saja atau menggunakan jasa band maupun solois.

Susunlah Alur Musik dengan Rangkaian Acara

Di dalam sebuah acara resepsi pernikahan pasti sudah terdapat beberapa rangkaian acara yang dibawakan oleh Pembawa Acara atau MC pernikahan.

Tugas kamu dan pasangan adalah menyesuaikan alur musik dengan rangkaian acara tersebut. Contohnya jika ada momen haru atau spesial, maka musik yang diputar harus mengikuti momen tersebut. Dalam menyesuaikan alur musik dengan rangkaian acara haruslah pas dan teliti, jika tidak, suasana resepsi pernikahan kamu akan terasa berantakan.

Nah, begitulah tadi pembahasan tentang betapa pentingnya peranan musik dalam sebuah resepsi pernikahan, coba kamu bayangkan jika musik tidak diputar selama acara berlangsung, pasti akan terkesan sunyi dan dapat membuat para tamu undangan merasa bosan bahkan mengantuk. Oleh sebab itu, musik pernikahan yang tepat, menjadi kunci utama terbaik dalam menghidupkan suasana resepsi pernikahan yang gembira.