Data Center Nasional Diharapkan Selesai Dibangun Tahun Ini

Data Center Nasional Diharapkan Selesai Dibangun Tahun Ini Data Center Nasional Diharapkan Selesai Dibangun Tahun Ini

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi maka Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan terkait Pusat Data Nasional  atau Data Center Nasional.

Diharapkan pembangunan Data Center Nasional bakal bisa diselesaikan pada tahun ini juga.

"Kita sedang mempersiapkan terus yang namanya Data Center Nasional. Mudah-mudahan tahun ini bisa kita selesaikan, atas sudah mulai pembangunannya," ujar Semuel terdalam siaran streaming Minggu (24/5/2020).

Sebelumnya, menanggapi dugaan kebocoran KPU, Jumat (22/5), data Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjelaskan bahwa Pusat Data Nasional Pemerintah terhormat hendak mengintegrasikan data-data pemerintah dengan sistem keamanan yang berlapis yang memadai seimbang standard keamanan yang berlaku.

Plate berharap Pusat Data Nasional  atau Data Center Nasional tersebut akan mencegah terjadinya perpindahan data atas satu lembaga kepada lembaga lainnya maka akan mempercakap ketahanan data maka informasi nasional.

Sementara itu, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, berkomitmen mengamankan data di aplikasi pelacakan kontak COVID-19 PeduliLindungi memakai berbicara sebandingmemakai Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Kami koordinasi atas BSSN, BSSN sudah menerapkan satu data laksana arahan Presiden jadi apapun fitur baru yang ada antara aplikasi patut di-assesment mengenai BSSN sesampai-sampai yakin aman dan tidak membocorkan data pribadi," ujar Dirjen Semuel, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunkasi dan Informatika, Ahmad M. Ramli.

Perlindungan Data Pribadi menjadi isu hangat belakangan ini setelah hacker mengklaim menyandang 2,3 juta data pemilih Indonesia dari KPU.

Sebelumnya, cukup awal bulan ini e-commerce Tokopedia juga diinformasikan mengalami kebocoran data pengguna. Pada pertengahan bulan ini, giliran data pengguna e-commerce b to b Bhinneka nan dikabarkan bocor.

Kita tunggu saja pakah Data Center Nasional atau Pusat Data Nasional  bisa diselesaikan tahun ini doang. (Suara.com/ Liberty Jemadu).