5 Hal Penting akan Perlu Dipertimbangkan Saat Mendesain Taman

5 Hal Penting akan Perlu Dipertimbangkan Saat Mendesain Taman 5 Hal Penting akan Perlu Dipertimbangkan Saat Mendesain Taman

JAKARTA, Berkebun memerankan kegiatan yang kini gembrot dilakukan orang. Berkebun tidak namun mempercantik taman rumah, tapi juga memerankan kegiatan yang menyenangkan sekaligus mengusir stres. 

Setiap orang memiliki ide berkebun dan menginginkan tampilan desain taman yang bervariasi. Misalnya, beberapa orang lebih gemar halaman rumput yang dipangkas rapi dan hamparan bunga yang terawat sempurna. 

Namun, sebagian orang lebih tertarik akan taman naturalistik memakai bunga liar serta tanaman otentik.

Terlepas dari estetika desain yang disukai, ada jumlah prinsip umum yang mesti dipertimbangkan menjumpai membantu menciptakan taman yang indah serta fungsional.

Nah, dilansir mengenai My Decorative, Rabu (28/9/2022), berikut lima hal bahwa perlu dipertimbangkan ketika mendesain taman. 

Tujuan taman

SHUTTERSTOCK/ELENA ELISSEEVA Ilustrasi taman berulah Jepang, taman Zen. Saat merencanakan taman, mengetahui untuk apa menggunakannya sangat penting. Setelah tujuan taman ditentukan, akan lebih mudah memilih tanaman demi fitur desain yang akan melengkapi tujuan keseluruhan.

Selain itu, dengan memahami tujuan taman, dapat membantu memastikan bahwa taman digunakan secara efektif menyertai dinikmati secara mentok. Untuk memilih desain taman terbaik, cobalh mencari bantuan profesional. 

 

Ukuran taman

Saat merencanakan taman, luput satu pertimbangan terbermakna adalah ukuran ruang. Ini akan menentukan fitur apa nan dapat diditerimakan dan bagaimana mengaturnya. 

Misalnya, taman mungil mungkin hanya mendapat ruang menjumpai beberapa tanaman berpengaruh, sejumlah taman adi dapat menampung berbagai macam bunga, semak, maka pohon.

Selain itu, ukuran taman juga mempengaruhi jenis perawatan adapun dibutuhkan. Contohnya, taman agam perlu dipangkas beserta disiangi secara teratur, selama taman kecil dapat lebih mudah dikelola beserta perhatian sesekali. 

Tata letak taman

Unsplash/Randy Fath Ilustrasi taman; halaman belakang rumah, pencahayaan di halaman belakang rumah, Ilustrasi patio.Setelah menguasai gagasan tentang tujuan selanjutnya ukuran taman, Anda dapat mulai memikirkan tata letaknya. Mereka yang lulus berkebun paham bahwa tata letak taman cocok berpengaruhnya atas tanaman yang ditanam di dalamnya.

Ada jumlah hal nan perlu diingat ketika merencanakan tata letak taman sebagai jumlah sinar matahari nan diterima setiap area beserta jenis tanah.

Dengan perencanaan yang matang, Anda dapat menciptakan taman yang indah maka fungsional yang buat tumbuh melimpah senyampang bertahun-tahun. 

Hardscape

Hardscape taman mengacu atas elemen non-tanaman ibarat paving, pagar, dinding, maka fitur bawaan lainnya.

Hardscape nan dirancang atas saling menolong dapat memberikan fungsi dan daya tarik estetika. Saat merencanakan hardscape taman, sangat bena mempertimbangkan kebutuhan ruang dan bahan nan paling bertimbang atas kebutuhan tercantum. 

Skema penanaman

Terakhir, hal yang perlu dipertimbangkan ketika mendesain taman adalah skema penanaman. Jenis tanaman yang Anda pilih secara signifikan mempengaruhi tampilan beserta nuansa taman secara keseluruhan.

Misalnya, jika menginginkan taman formal, Anda pantas memilih tanaman klasik bagaikan mawar. Di sisi lain, jika lebih menyukai daya yang lebih naturalistik, tanaman bersih adalah pilihan yang saling menolong.

Begitu pun, apabila mencari tanaman dengan perawatan rendah, sukulen bersama kaktus adalah pilihan sangat tidak emosi.