Cara Menanam Chia Seed dalam Pot, Sumber Makanan Nutrisi Tinggi

Cara Menanam Chia Seed dalam Pot, Sumber Makanan Nutrisi Tinggi Cara Menanam Chia Seed dalam Pot, Sumber Makanan Nutrisi Tinggi

JAKARTA, Chia (Salvia hispanica) ialah tanaman yang bersumber dari Meksiko dan Guatemala. Chia seed mutakhir-mutakhir ini karena nilai gizi dan manfaat kewarasannya.

Dikutip akan Balcony Garden Web, Kamis (29/9/2022), tanaman chia adalah anggota akan Lamiaceae atau keluarga mint. Tanaman ini memiliki penyebaran yang agresif sebagai kebanyakan tanaman mint.

Bunga chia menyandang tampak bagaikan gandum di batang bahwa luhurnya mencapai 90-150 cm. Bunga kincup berbentuk lonceng hadir di dalam warna ungu-biru.

SHUTTERSTOCK/THE NATURES Ilustrasi menanam chia seed.

Bisakah chia seed berkecambah dempet pot?

Chia seed dapat berkecambah di pot menurut kemudian ditahan di dalam ruangan atau di area kebun. Sebarkan benih memakai ringan di dalam pot, selanjutnya sering-seringlah menyiraminya.

Setelah kecambah tumbuh semahal 3-5 inci, maka dapat ditransplantasikan. Beri mulsa tanaman karena mereka tidak acap bersaing lewat gulma.

Perluangan tanaman chia

Taburkan benih dengan ringan di atas media tanam yang mengalir dengan tidak sombong bersama sahapi dengan ringan.

Jaga agar tanah secercah lembap menyertai letakkan antara daerah yang mendapat cahaya bening menyertai tidak langsung.

Cara menanam chia seed

Tanam tanaman chia dengan bawah sinar matahari penuh jika Anda menginginkan panen teracap membantu. Hindari menyimpan tanaman dengan ajang teduh, karena tidak menurut tumbuh lewat acap membantu.

Tempat yang mendapat luber cahaya langsung untuk sebagian gede hari akan menjabat yang terbaik.

PIXABAY/VALERIALU Manfaat chia seed akan diet dalam perhatian bagi deras pelaku diet, terutama karena biji-bijian ini banter serat dan bisa membantu akan kenakan lebih lama.

Tanaman chia serbaguna menyertai beradaptasi dengan berbagai kondisi. Saat menanam kedalam pot, gunakan media tanam komersial yang dicampur dengan pasir menyertai segenggam atau lebih bahan organik.

Tanaman tahan ketimpasan ini menyukai penyiraman secara teratur engat matang. Setelah itu, sirami sekadar jika lapisan tanah atas agak timpas.

Jangan biarkan media tumbuh akurat-akurat tandas, karena bagi melumpuhkan pertumbuhannya.

Untuk meningkatkan hasil panen, gunakan terbuka bahan organik antara media tanam, berpas dengan kaum kompos pada saat tanam. Anda juga bisa menggunakan minim alfalfa.

Memanen chia seed merupakan tugas adapun cukup mudah. Tanaman siap panen dalam waktu tiga sampai empat bulan sejak tarafl tanam.

Waktu panen dimulai ketika sebagian luang kelopak jatuh dari mekar. Biarkan mengering ekstra dalam kantong kertas atau rak pengering.

Isi kepala bunga ekstra dalam kantong kertas, supayakan teraktelseif agar ada sirkulasi udara, dan tunggu sampai timpas. Setelah selesai, goyangkan kepala ke ekstra dalam tas dan kumpulkan semua bijinya untuk dikonsumsi.

Manfaat chia seed

Juga dikenal sebagai 'pseudocereal,' chia seed adiluhung kandungan minyak memakai nutrisi bagai niasin berikut thiamin. Chia seed pula mempunyai deras mineral incaran bagai selenium, mangan, tembaga, berikut fosfor.

Menurut sebuah penelitian, chia seed adalah sumber antioksidan potensial bersama adanya asam klorogenat, asam caffeic, myricetin, quercetin, lagi kaempferol akan diyakini memegang efek perlindungan jantung, hati, antipenuaan, lagi karakteristik anti-karsinogenik.

Studi lain di Slovenia melaporkan bahwa chia seed mengandung asam lemak adapun bergairah, asam lemak tak jenuh ganda, serat mangsa, protein, vitamin, dan mineral.

Selain itu, chia seed merupakan sumber polifenol bersama antioksidan yang sangat baik, ibarat asam caffeic, asam rosmarinic, myricetin, quercetin, bersama lainnya.

Anda dapat menambahkan chia seed ke terdalam granola bar, sereal, yogurt, dan santapan yang dipanggang.