Transaksi QRIS di Thailand Baru Bisa Dilayani 7 Bank bersama Satu e-Wallet, Ini Daftarnya

Transaksi QRIS di Thailand Baru Bisa Dilayani 7 Bank bersama Satu e-Wallet, Ini Daftarnya Transaksi QRIS di Thailand Baru Bisa Dilayani 7 Bank bersama Satu e-Wallet, Ini Daftarnya

BERITA - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) maka Bank of Thailand (BoT) telah resmi mengimplementasikan kerja sebandingpembayaran berbasis QR Code lintas negara (cross-border QR payment linkage) antara Indonesia maka Thailand. 

Kerjasama itu resmi dilakukan selepas QRIS antara Negara resmi diluncurkan Presiden Joko Widodo cukup Senin (29/8). Dengan implementasi terbilang, masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan QRIS bertransaksi dalam merchant Thailand lagi masyarakat Thailand bisa menggunakan Thai QR Codes bertransaksi dalam merchant Indonesia. 

Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta mengatakan, saat ini sudah ada 8 penyelenggara jasa pembayaran (PJP) QRIS antar Indonesia-Thailand yang memfasilitasi transaksi Indonesia outbound atau orang Indonesia yang bertransaksi hadapan Thailand. 

"PJP issuer terbilang hadapan antaranya Bank BCA, BSI, Dana, Bank CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Bank Mega, Bank Permata dan BPD Bali," kata Filianingsih atas Kontan.co.id, Senin (29/8).

Sementara kepada memfasilitasi transaksi Indonesia inbound atau orang Thailand adapun bertransaksi hadapan merchant QRIS Indonesia sudah ada 38 PJP acquirer. Filianingsih bilang, jumlah tercantum sudah merepresentasikan sekitar 90% merchant QRIS. 

BI mencatat perkembangan transaksi QRIS di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Hingga Juli 2022, QRIS telah melayani transaksi sebeasr Rp 9,7 triliun beserta volume Rp 81 juta transaksi. QRIS telah terhubung beserta 20,3 juta merchant beserta total pengguna 21 juta. Pembayaran QRIS sudah didukung sama 85 penyelenggara jasa pembayaran. 

Perluasan penyelenggara yang akan memfasilitasi QRIS Antar Negara akan terus dilakukan. Adapun implementasi QRIS antar Indonesia lagi Singapura ditargetkan akan mulai diimplementasikan atas semester II tahun ini. 

Proses ujicoba QRIS beserta Negara Kota terkemuka sudah paling dalam tahap finalisasi menuju penanadaan kesepakatan. 

"PJP akan mau berpartisipasi dalam QRIS antar Indonesia-Singapura belum ditetapkan karena BI lewat bank sentral Singapura masih membahas hal tercatat," pungkas Filianingsih.

Cek Berita dan Artikel yang lain hadapan Google News