Kang Soo-youn Dimakamkan, Selamat Tinggal Bintang yang Tergantung di Dinding

Kang Soo-youn adalah orang Asia pertama yang memenangkan aktris terbaik di Festival Film Internasional Venesia. Ia meninggal karena pendarahan otak di rumah sakit

Kang Soo-youn Dimakamkan, Selamat Tinggal Bintang yang Tergantung di Dinding

Kang Soo-youn (foto via variety)

Wowsiap.com - Bintang film ikonik Kang Soo-youn dimakamkan di Seoul pada Rabu setelah menghabiskan setengah abad di industri film Korea.

Pemakamannya dimulai pukul 10 pagi di aula Samsung Medical Center di Seoul selatan dengan sekitar 100 anggota keluarga, teman, dan orang-orang industri film yang hadir.

Kang Soo-youn adalah orang Asia pertama yang memenangkan aktris terbaik di Festival Film Internasional Venesia. Ia meninggal karena pendarahan otak di rumah sakit pada hari Sabtu, dua hari setelah menderita serangan jantung diusianya yang ke 55 tahun.

"Saya berharap ini hanya sebuah adegan dari film," kata aktor Yoo Ji-tae, yang memimpin pemakaman, seperti dikutip dari yonhap, Kamis (12/5/2022). Dia menjadi sangat emosional sehingga dia tidak bisa berbicara lagi.

Kim Dong-ho, mantan ketua dewan Busan International Film Festival (BIFF) yang telah mengenal Kang selama beberapa dekade, menyesali beban status awal yang dia temukan sebagai sosok ikon dalam industri film yang harus diberikan kepadanya.

"Anda telah menjalani kehidupan yang sulit mengenakan mahkota bintang dunia pada usia muda 21 tahun," kata Kim. 

"Anda telah hidup lebih terhormat dan lebih seperti seorang bintang, berdiri teguh untuk melindungi kehormatan dan harga diri Anda. Anda adalah kepala keluarga yang tangguh, bijaksana, dan kuat. Menunjukkan kepemimpinan dan inklusivitas yang kuat, Anda telah mencintai aktor-aktor muda dan membuat mereka mengikuti Anda. langkah dengan kepercayaan," tambahnya.

Sutradara Im Kwon-taek tersedak saat memberikan pidato singkatnya.

"Soo-youn, aku selalu diyakinkan memilikimu, seperti seorang teman, seorang putri dan seorang adik perempuan. Apa terburu-buru pergi sepagi ini? Beristirahatlah dengan tenang," katanya.

Sementara, pembuat film asing mengirim klip video untuk menghormati mendiang aktris.

Jennifer Jao, wakil ketua Komisi Film Taipei, menggambarkan Kang sebagai "model orang-orang industri film di seluruh dunia" dalam sebuah video, sementara aktris Taiwan Yang Kuei-mei mengatakan dia "masih dewi yang paling mempesona bagi kita."

Tsai Ming-liang, seorang pembuat film kelahiran Malaysia di Taiwan, mengungkapkan belasungkawa dalam diam saat dia menatap ke kejauhan dalam sebuah video.

Isak tangis para pelayat semakin keras ketika sebuah video yang menyoroti kehidupan almarhum, seperti menang di berbagai festival film dan memimpin gerakan industri untuk mempertahankan sistem "kuota layar" yang mewajibkan bioskop mengisi sebagian waktu layar mereka dengan film-film lokal, ditayangkan.

Sutradara Im dan istrinya, serta aktor yang lebih muda, termasuk Jung Woong-in, Kim Ah-joong, Uhm Jung-hwa dan Ye Ji-won, mengucapkan selamat tinggal terakhir mereka kepada Kang di hadapan sutradara Yeon Sang-ho dan tiga aktor, termasuk Jung Woo-sung dan Sul Kyung-gu, membawa peti matinya keluar dari aula.

Setelah kebaktian satu jam ditutup dan semua pelayat pergi, hanya spanduk bertuliskan, "Selamat tinggal, bintang yang lebih indah dari semua bintang di langit" dibiarkan tergantung di dinding.

Kang Soo-youn   Film   Korea   Meninggal