Virus: Covid-19 dan Flu Tomat, Kenali Persamaan dan Perbedaannya

Para ahli telah mengamati bahwa demam Tomat dan Covid 19 memiliki gejala yang sama seperti demam, kelelahan, dan nyeri tubuh

Virus: Covid-19 dan Flu Tomat, Kenali Persamaan dan Perbedaannya

Ilustrasi Flu Tomat

Wowsiap.com - Di tengah wabah cacar monyet dan kemungkinan gelombang keempat COVID-19, virus baru Flu tomat atau Demam tomat telah menjadi perhatian.

Demam Tomat & Covid-19: Persamaan dan Perbedaan

Para ahli telah mengamati bahwa demam Tomat dan Covid 19 memiliki gejala yang sama seperti demam, kelelahan, dan nyeri tubuh, beberapa pasien Covid bahkan melaporkan ruam. Flu tomat bisa menjadi efek lanjutan dari demam berdarah atau chikungunya pada anak-anak daripada infeksi virus.

Flu tomat adalah penyakit yang cenderung sembuh dengan sendirinya, tanpa pengobatan. Sesuai laporan Lancet, flu tomat saat ini dalam keadaan endemik dan dianggap tidak mengancam jiwa

Demam Tomat: Gejalanya Sama Dengan Penyakit Lain

Gejala flu tomat, seperti infeksi virus lainnya termasuk, kelelahan, mual, muntah, diare, demam, dehidrasi, pembengkakan sendi, nyeri tubuh, dan gejala seperti influenza umum, yang sangat mirip dengan demam berdarah.

Lalat tomat juga dikenal sebagai “The Hand Foot Mouth Disease” (HFMD). Menurut The Lancet, flu tomat sangat menular. Mereka juga mengatakan, bahwa infeksi virus langka itu dalam keadaan endemik. Hingga saat ini lebih dari 80 anak telah terinfeksi flu tomat di Kerala dan Kollam. Kasus juga telah dilaporkan dari Aryankavu, Anchal dan Neduvathur di negara bagian selatan. Ini mempengaruhi anak-anak di bawah lima tahun.

Sementara dunia sudah memerangi Monkeypox dan COVID 19, dan sekarang flu tomat menjadi ancaman baru.

Covid-19 Flu Tomat Persamaan Perbedaan Demam Kelelahan Virus Endemik Demam Berdarah