Menderita Covid yang Lama? Mungkin Ini Cara untuk Mengelola Gejalanya

Seseorang dengan "long covid" didefinisikan sebagai: oleh pengawas kesehatan Inggris, National Institute for Health and Care Excellence (NICE)

Menderita Covid yang Lama? Mungkin Ini Cara untuk Mengelola Gejalanya

Ilustrasi (Foto: net)

Wowsiap.com - Long Covid adalah istilah untuk menggambarkan efek Covid-19 yang berlanjut selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan di luar penyakit awal. Pasca-COVID, COVID pasca-akut, COVID ekor panjang, dan COVID jarak jauh adalah terminologi lebih lanjut untuk COVID panjang. Pengangkut jarak jauh adalah istilah yang digunakan oleh mereka yang memiliki COVID panjang.

Seseorang dengan "long covid" didefinisikan sebagai: oleh pengawas kesehatan Inggris, National Institute for Health and Care Excellence (NICE):

Menunjukkan gejala Covid-19 selama 4-12 minggu setelah infeksi.
Menunjukkan gejala Covid-19 serta gejala tambahan yang tidak dapat dijelaskan dengan diagnosis yang berbeda 12 minggu atau lebih setelah infeksi.

Tips atasi gejala covid yang berkepanjangan:
Kelelahan dan sesak napas

Jangan terlalu memaksakan diri, rencanakan hari Anda sesuai dengan itu. Cobalah untuk memecah tugas-tugas yang terasa sulit menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, dan bergantian melakukan aktivitas yang lebih mudah dan lebih sulit. Beristirahatlah sebelum Anda lelah karena istirahat pendek yang sering lebih baik daripada beberapa yang lebih lama. Jangan berhenti melakukan aktivitas yang membuat Anda kehabisan napas. Otot Anda akan melemah jika Anda tidak menggunakannya, yang bisa membuat Anda lebih terengah-engah saat melakukannya.

Menyeimbangkan suasana hati dan kesehatan mental
Selama rehabilitasi Anda, perlakukan diri Anda dengan kebaikan. Terhubung secara sosial dapat membuat Anda bahagia. Mempertahankan jadwal harian yang aktif dapat meningkatkan mood dan stabilitas Anda.

Meringankan ketidaknyamanan sendi atau otot
Baik latihan kekuatan (seperti menaiki tangga, mengangkat beban, dan menggunakan pita resistensi) dan latihan fleksibilitas (seperti peregangan, yoga, dan tai chi) dapat bermanfaat. Sebelum memulai rejimen latihan baru, temui dokter Anda.

Cara mengatasi kehilangan ingatan, masalah berpikir, dan kabut otak
Berolahraga, makan dengan benar untuk kesehatan otak Anda, buat catatan untuk membantu Anda mengingat sesuatu, jangan minum sama sekali, atau tetap pada kadar alkohol yang disarankan. Tidur sebanyak yang Anda butuhkan, jika memungkinkan.

Beberapa orang dengan gejala COVID-19 dapat pulih dalam beberapa minggu. Namun, pemulihan mungkin memakan waktu lebih lama untuk orang lain. Itu selalu disarankan untuk mencari bantuan profesional jika Anda memiliki gejala seperti itu. Rencana perawatan dapat didiskusikan lebih baik dengan Dokter.
 

Covid-19 Dokter Long Covid Covid