Kasus Positif Meningkat, Satgas Harus Terus Evaluasi

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, yang melaporkan penambahan kasus positif harian. Dimana pada Selasa (10/5) tercatat sebanyak 456 kasus.

Kasus Positif Meningkat, Satgas Harus Terus Evaluasi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Bagian Pemberitaan MPR RI)

Wowsiap.com - Pemerintah bersama Satgas Penanganan Covid-19 diminta untuk terus menyampaikan informasi perkembangan Covid-19. Selain itu juga harus melakukan evaluasi perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air.

“Khususnya di daerah-daerah tujuan mudik terbesar seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta, DIY, Lampung, Sumatera Barat dan Sumatera Utara,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Seoul, Korea Selatan, Rabu (11/5).

Hal itu terkait dengan penambahan kasus positif Covid-19, yang terpantau mulai mengalami peningkatan usai libur Lebaran. Hal tersebut didukung oleh data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, yang melaporkan penambahan kasus positif harian.

“Dimana pada Selasa (10/5) tercatat sebanyak 456 kasus. Karena itu, saya mendorong pemerintah untuk terus memberlakukan kebijakan PPKM berlevel, sebagai instrumen pengendalian Covid-19,” ujarnya.

Hal itu mengingat kebijakan tersebut telah terbukti efektif mampu melandaikan kondisi kenaikan kasus dan mempertahankannya hingga situasi Covid-19 terkendali. Dia juga meminta komitmen pemerintah untuk terus berupaya melakukan pengendalian serta pengawasan.

“Meski kasus Covid-19 saat ini tergolong terkendali. Mengingat, upaya kuat yang dilakukan agar pertahanan yang dilakukan berbulan-bulan pasca lonjakan kasus terakhir, bisa terus bertahan dalam jangka waktu yang panjang,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, dia meminta peran aktif masyarakat untuk turut menjaga momentum tren penurunan kasus saat ini. Sekaligus menekan kasus harian agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran.

“Yakni dengan tetap waspada dan patuh protokol kesehatan. Mengingat, peran masyarakat merupakan salah satu kunci utama keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air,” tegasnya.

Covid-19   mudik   lebaran   kasus   positif